Petugas polisi berjalan melewati penjual balon saat mereka mengendalikan jalan selama unjuk rasa tanpa izin di depan gedung Kejaksaan Umum Rusia di Moskow. Kantor Kejaksaan Agung Rusia menyatakan surat kabar The Moscow Times sebagai “organisasi yang tidak diinginkan”. Penunjukan ini berarti bahwa surat kabar tersebut, yang populer di kalangan komunitas ekspatriat Rusia, harus menghentikan operasinya di Rusia. , Kredit Foto: AP

Kantor Kejaksaan Agung Rusia pada 10 Juli menyatakan The Moscow Times, sebuah surat kabar online yang populer di kalangan komunitas ekspatriat Rusia, sebagai “organisasi yang tidak diinginkan.”

Penunjukan ini dilakukan di tengah tindakan keras terhadap media berita kritis dan oposisi. Artinya, surat kabar tersebut harus berhenti beroperasi di Rusia dan siapa pun yang berkolaborasi dengan surat kabar tersebut bisa dipenjara hingga lima tahun.

Hal ini merupakan tindakan yang lebih berat dibandingkan penetapan “agen asing” yang diterapkan pada media berita pada bulan November, yang menjadikan individu dan organisasi berada di bawah pengawasan keuangan dan konten publik apa pun dapat mendapat tempat yang menonjol dalam berita jika mereka dinyatakan membutuhkan agen asing untuk dimasukkan.

The Moscow Times telah memindahkan operasi editorialnya keluar dari Rusia pada tahun 2022 menyusul disahkannya undang-undang yang menjatuhkan hukuman lebih berat bagi materi yang mencemarkan nama baik militer Rusia dan perangnya di Ukraina.

Ini diterbitkan dalam bahasa Inggris dan Rusia, tetapi situs berbahasa Rusia diblokir di Rusia beberapa bulan setelah Perang Ukraina dimulai.

Dalam catatan editor mengenai keputusan tersebut, surat kabar tersebut mengatakan, “Melabel The Moscow Times sebagai ‘tidak diinginkan’ adalah upaya terbaru untuk menekan kebenaran di Rusia dan laporan kami mengenai perangnya di Ukraina. … Penunjukan ini akan menjadi membuat kami semakin sulit melakukan pekerjaan kami, karena para jurnalis dan petugas pemecah masalah menghadapi risiko tuntutan pidana di Rusia, dan sumber-sumber menjadi semakin ragu untuk berbicara dengan kami.

“Kami menolak untuk tunduk pada tekanan ini. Kami menolak untuk dibungkam,” kata surat kabar itu.

Penerbitannya dimulai pada tahun 1992 sebagai surat kabar harian yang didistribusikan secara gratis di restoran, hotel, dan tempat lain yang populer di kalangan ekspatriat, yang kehadirannya di Moskow semakin meningkat setelah jatuhnya Uni Soviet. Ia kemudian mengurangi edisi cetaknya menjadi mingguan, kemudian baru online pada tahun 2017.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia secara sistematis menargetkan orang-orang dan organisasi-organisasi yang kritis terhadap Kremlin, dengan menyebut banyak orang sebagai “agen asing” dan beberapa sebagai “yang tidak diinginkan”. Outlet berita lain yang dinyatakan tidak diinginkan termasuk surat kabar independen Novaya Gazeta, yang editornya Dmitry Muratov telah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian. Penghargaan, dan situs berita online Meduza.

Rusia juga telah memenjarakan tokoh oposisi terkemuka termasuk aktivis antikorupsi Alexei Navalny, musuh dalam negeri Presiden Vladimir Putin yang paling sering, dan pembangkang Vladimir Kara-Murza dan Ilya Yashin.

Source link